Jumat, 04 Mei 2012

Tips Menjaga Data Privasi di Ponsel


Memotret dan merekam dengan menggunakan telepon selular (ponsel), kini sudah menjadi hal yang lumrah. Dulu berbagai macam koleksi foto pribadi tersimpan rapi di album. Kini, tak aneh jika berbagai macam foto pribadi terpampang dengan bebas di dunia maya. Terlepas dari hal tersebut, kini ponsel memang menjadi alat yang multifungsi. Urusan transfer datanya pun semakin mudah. Jika dulu infrared digunakan untuk mentransfer data, kini banyak orang menggunakan Bluetooth untuk menerima/mengirim data. Agar data-data tersebut aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini tips bagaimana menjaga data privasi di ponsel Anda:




1. Ketika Transfer Data Melalui Ponsel. Mengirimkan data melalui Bluetooth memang mudah dan cepat. Namun sebaiknya Anda tidak membiarkan Bluetooth selalu aktif. Selain memboroskan baterai, fitur ini juga berisiko disusupi orang lain. Untuk mengantisipasinya, matikan Bluetooth ketika tidak sedang digunakan. Selain itu, aturlah pengaturan di ponsel agar selalu meminta persetujuan dulu setiap menerima data melalui Bluetooth. Hal ini perlu diperhatikan karena bisa jadi data tersebut adalah virus.

2. Ketika Ponsel Hilang. Jangan lupa untuk mem-backup data dlam ponsel ke dalam computer. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu data dalam ponsel hilang. Hal lain yang perlu diperhatikan, ketika ponsel rusak dan akan dibawa ke tempat servis, sebaiknya jangan lupa mencabut memori card. Apalagi jika memori card tersebut berisi data-data privasi yang paling pribadi. Jangan sampai data-data tersebut dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Ketika Ponsel Dijual. Hal yang sama pun berlaku ketika Anda menjual ponsel. Demi keamanan dan kenyemanan, periksa data di memory card dan memory phone. Pastikan tidak ada data yang tertinggal di dalamnya. Anda dapat menformat memory card berulang-ulang untuk menjaga agar data di dalamnya tak dapat dipulihkan kembali.

4. Ketika Ponsel Dipnjam. Hati-hati juga ketika ponsel Anda dipinjam orang lain. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda menyiapkan folder khusus untuk data pribadi yang hanya dapat diakses oleh Anda pribadi.

sekian tips-tips nya,, selamat mencoba biar gda foto agan naganwati bersama selebriti tersebar di dunia maya






semoga bermanfaat

sumber :  http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9621319

Tidak ada komentar:

Posting Komentar